Minggu, 09 Januari 2011

Trik Membeli Laptop Bekas

Ingin memperoleh laptop dengan dana terbatas tetapi butuh spesifikasi yang tinggi ??? Mungkin solusinya adalah membeli laptop bekas. Untuk mendapatkan laptop bekas yang ideal perlu perhatian khusus yang lebih dibanding membeli laptop baru. Berikut ini beberapa hal yang mungkin perlu anda perhatikan dalam membeli laptop bekas :
  • Usahakan membeli di toko terpercaya. Jika anda membeli langsung dari pemilik laptop, usahakan anda kenal orang itu. Jika ada masalah di kemudian hari, Anda bisa minta konfirmasi kepada pemiliknya. Biasanya ada pada sistem ketika ada yang menggunakan password. Anda harus pastikan semua informasi yang diberi password sudah anda miliki.
  • Tetapkan dana sesuai kemampuan Anda. harga laptop bekas bervariasi, mulai Rp. 3 juta sampai Rp. 5 Juta (Spek tinggi), tergantung kondisi fisik dan spefisikasi laptop.
  • Periksa kondisi Baterai. Ketika membeli, usahakan untuk meminta laptop untuk di nyalakan terlebih dahulu. Tunggu berapa lama baterainya bisa bertahan. Kalau lebih dari satu jam, baterai masih dalam kondisi bagus. Sebaliknya, kalau kurang dari satu jam, Anda bisa menawarnya lagi lebih rendah.
  • Periksa kelengkapan laptop. Seperti charger, CD Drive, dan buku manual. Usahakan semuanya masih lengkap. Kalau kurang sebaiknya tidak usah dibeli, karena bisa merepotkan. Kalau tidak ada charger, Anda harus membelinya dahulu. Apalagi kalau tidak ada driver/installer, jika Anda ingin menginstall ulang windows, Anda tidak bisa menggunakan laptop dengan sempurna.
  • Perhatikan Spesifikasi. Hal ini bisa dilihat, misalnya, dari jenis processor yang dipakai, besarnya memori hingga jenis kartu grafis jika sebuah laptop telah mencantumkan Intel Centrino, berarti didalamnya sudah terkandung komponen khusus yang memungkinkan laptop mengakses data secara nirkabel (tanpa kabel). Hal ini juga berlaku jika ingin membeli laptop refurbished atau laptop bekas. Perhatikan, apakah layarnya memiliki banyak titik pixel yang mati atau tidak. Semakin banyak titik tersebut, maka mutunya sudah menurun.
  • Minta garansi. Biasanya laptop bekas ada garansi dari toko sekitar satu bulan. Jika ada masalah sampai dirumah dan masih dalam waktu garansi, Anda bisa mengembalikannya. Dan semua harus tertulis, bukan hanya sekedar lisan.
  • Lihat isi sistem. Apakah masih berjalan dengan baik atau banyak error. Kalau ternyata sistem informasinya bermasalah, Install ulang saja di toko yang bersangkutan.

    0 komentar:

    Copyright 2011 | Hackidozone. Template by Kendhin. Edited by Hackidozone